Minggu, 25 September 2011

Inglish (Indonesian English)

Salah satu pekerjaan yang sering saya lakukan secara sukarela waktu saya kuliah adalah menjemput anak baru. Saya jemput mereka di airport, antar ke temporary housing dan memberikan orientasi. Kadang2 mereka tinggal sementara di apartment saya, saya punya 3 roomate tinggal di 3 bedroom apartment. Banyak pengalaman2 lucu yang saya alami, hanya karena masalah bahasa. Inglish adalah penggunaan Bahasa Indonesia yg di Inggriskan atau penerapan kebiasaan2 di Indonesia.

Pernah suatu hari anak2 baru tersebut minta tolong diantar ke McDonald. Pas giliran salah satu dari mereka, dia dengan yakinnya memesan makanan. Waktu ditanya mau minum apa, dia jawab "just white water". Orang yang terima order bingung setengah mati "White water". Saya diamkan saja, saya penasaran apa yang akan keluar dari pesanan "White water". Ternyata susu yang keluar, anak barunya bingung. Mintanya air putih kok keluarnya susu. Well, orang yang terima order enggak salah, susu itu yang paling mendekati untuk pesanan white water.

Pernah saya nganterin anak2 baru ke KFC. Seperti biasa saya order terakhir. Salah satu anak pesan 3 pieces chicken. Trus yang terima order tanya, "Fries or mash?". Dan anak ini bilang "Rice". Saya enggak bisa nahan ketawa, dia pikir makan di mall Taman Anggrek kali.

Pernah sekali ke McDonnald, kali ini saya pesan duluan. Saya pesan cheeseburger, dan teman saya juga pesan cheeseburger. Anak baru ini lalu pesan "Cheeseburger, please, but, with no cheese". Yang terima order bingung, saya sama teman saya ngakak. Cheeseburger without cheese ya hamburger lah.

Teman saya pernah cerita, dia mau supaya adiknya yang baru datang lebih pe-de dengan bahasa Inggrisnya jadi dia suruh adiknya menelpon asian groceries untuk tanya ada Supermie atau tidak. Asian groceris di kota kita lumayan lengkap makanan Indonesianya karena yang punya toko orang Philippine. Ini percakapan adiknya di telpon:
  Adik: Hello, is this the asian groceries?
  Sales: Yes, can I help you?
  Adik: Yes, do you have mie?
  Sales: What, do I have you?
  Adik: No, mie.
  Sales: I don't think that I have you and I don't think that I can sell you.
  Adik: No, I am looking for mie.
  Sales: I don't know where you are and I can't help you to find you.
Saya ngakak abis denger cerita teman saya ini.

5 komentar:

  1. Do you like mie sir? Mie hot....
    kebayang ga kalau yg ngucapin itu cewe indonesia yg super sexy (tapi ga vulgar-yg baru belajar english) ke bule?

    BalasHapus
  2. Kebayang? Kejadian malah. Ada cewk Indonesia baru dateng, adopt kucing. Trus pernah dia pagi2 buka jendela dan kucingnya lari keluar. Weekend, pagi2, dia keluar nyari kucingnya. Teriak2 "Here pussy, pussy, pussy!". Kebayang cowok2 bule pada keluar, pagi2 kok ada offer menarik, hehehehe.

    BalasHapus
  3. Perasaan kalo manggil kucing ga pussy pussy deh

    BalasHapus
  4. Tapi dia manggilnya begitu karena kucingnya namanya Pus. Saya cuman tanya dapet berapa no telpon?

    BalasHapus
  5. Namanya pus? manggilnya Pus... pus lah....
    Tetapi boleh juga...
    Buat anekdot di suatu waktu dan suatu tempat lain.
    lucu....

    BalasHapus