Sabtu, 19 Mei 2012

Kebenaran Sejati


Dalam pengembaraan saya di Blogernas, salah satu membernya pernah berkata bahwa agamanya adalah kebenaran sejati yang universal. Kebenaran satu-satunya yang harus diikuti dan bisa diterima oleh semua orang. Sebagai umat beragama, saya merasa ini adalah hal yang aneh, sebagai manusia saya merasa ini adalah sesuatu yang tidak manusiawi. Yang paling menyedihkan adalah hal ini berlaku dan terjadi pada semua agama.

Untuk menjadi benar maka pastilah yang lain adalah salah. Bagi seseorang untuk menganggap sesuatu itu benar maka orang tersebut harus menilai bahwa yang lainnya salah. Untuk menjadi universal maka sesuatu itu haruslah bisa diterima oleh semua orang tanpa paksaan. Sekarang bagaimana caranya agama yang menyalahkan agama lain secara keras dan memaksa, menjadi kebenaran sejati yang universal?

Untuk saya agama mengajarkan kebaikan dan membuat umatnya menjadi lebih manusiawi dalam usahanya mencari Sesuatu yang sifatnya jauh lebih tinggi dari manusia. Bagaimana caranya dalam proses menjadi lebih baik dan dalam proses mencari Tuhan, kita bisa menyalahkan jalan yang dipilih orang lain? Bingung saya  dibuatnya. Apakah ketika kita merasa sudah menemukan agama yang benar kita berhak mengadili umat beragama lain? Bukankah ini menyalahi hakikat beragama? Bagaimana menurut anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar